Jumat, 04 Maret 2005

Selamat Datang

Alhamdulillah, pagi ini saya memulai satu blog yang saya beri nama Teknologi dan Masyarakat. Sebuah blog yang mencoba memuat pemikiran saya tentang hubungan antara teknologi dan masyarakat.

Masyarakat dalam hal ini bisa dilihat dari "three fold society" yang terdiri atas masyarakat bisnis, masyarakat politis dan masyarakat umum. Kita tau kan masyarakat bisnis tujuannya untuk menciptakajn nilai-nilai ekonomi. Konsep awalnya, bgmana memaksimumkan keuntungan yang kemudian bergeser menjadi bagaimana memaksimumkan asset. Masyarakat politis biasanya tercermin dalam organisasi pemerintah. Tujuannya bagaimana mendapatkan dukungan dari konstituennya. Masyarakat umum, non-bisnis non-pemerintah, biasanya bertujuan memaksimumkan nilai-nilai kemasyarakatan,

Sedangkan teknologi bisa dipahami sebagai perangkat yang melekat dalam proses transformasi yang merubah input menjadi output. Komponen teknologi kemuadian dapat dilihat atas perangkat fisik (techno-ware), kemampuan orang (human ability) yang juga sering disebut sebagai human-ware, perangkat informasi (info-ware) dan perangkat organisasi dalam melaksanakan proses transformasi tersebut (orga-ware).

Dalam kehidupan manusia teknologi sudah melekat sehingga perubahan teknologi melalui proses inovasi dan difusi menjadi hal yang sangat menentukan dalam masyarakat. Apakah suatu masyarakat mampu mempertahankan eksistensinya, bahkan mampu bersaing mengungguli masyarakat lainnya akan sangat ditentukan oleh perubahan teknologi, bukan oleh teknologi itu sendiri. Proses inovasi yang paling penting adalah bagaimana merubah invensi menjadi inovasi. Hasil-hasil litbang dan perekayasaan dapat memasuki sistem produksi, sehingga bukan hanya punya nilai ekonomi, tetapi juga memiliki nilai bisnis. Selanjutnya, inovasi saja tidak cukup, persoalan berikut adalah bagaimana menyebarluaskan inovasi sehingga secara penuh diadopsi oleh masyarakat agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Hubungan antara Teknologi dan Masyarakat kemudian dapat dilihat dengan cara melihat peran teknologi dalam kehidupan masyrakat. Sebaliknya, masyarakat juga berperan dalam memajukan (dhi melakukan perubahan) teknologi. Singkatnya, blog ini akan berusaha untuk menampung pemikiran-pemikiran dalam upaya "memasyarakatkan teknologi" dan "menteknologikan masyarakat". Semoga

Tidak ada komentar: